INSTRUMEN KELUARGA SIPBM ERA DIGITAL

Mudah – Mudahan target tahun 2020 semua desa di Kabupaten Brebes khususnya Desa Parereja sudah menerapkan pendataan Instrumen Keluarga SIPBM digital dan dilakukan melalui sensus, dengan anggaran dari dana desa.

Sebanyak 45 orang dari perwakilan Kecamatan Se Kabupaten Brebes dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapatkan pelatihan Instrumen Keluarga Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (IK SIPBM) berbasis digital. Kami dilatih selama 2 hari (2-3 Mei 2019) di Aula Bapperlitbangda Brebes, Jumat (3/5).

Unsur Kecamatan berasal dari pendamping desa dan koordinator operator informasi desa Desa dan dari Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Baperlibangda), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Dinkominfotik), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( Dispermasdes) dan unsur Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten.

Perwakilan Unicef Jawa Arie Rukmantara serta narasumber SIPBM Digital Nasional Hendra Kevin

Dalam SIPBM Digital nantinya akan diintegrasikan antara basis android dengan basis website, sehingga memudahkan bagi pengambil kebijakan di daerah dala m melakukan intervensi perencanaan pembangunan yang berbasis data. (Di kutip dari WA tgl, 2 Mei 2019 Oleh Bpk. H. Bahrul Ulum).

Kami dari pihak Operator Sistem Informasi Desa menyambut baik apa yang akan di lakukan dengan pendataan IK SIPBM berbasis Digital, setidaknya ini awal yang baik untuk memudahkan kami dalam memasukan data dan mengambil data di banding dengan menggunakan manual, walaupun masih ada kekurangannya dan  mudah – mudahan terus ada penyempurnaan dari pihak pengembang aplikasinya. Yang pada intinya kami menyambut baik program tersebut.

Share ke :
Facebook
Google+
Twitter
Telegram
Email
WhatsApp

Iklan Layanan Masyarakat