Inspirasi Bumdes Tamansari Bogor

Pengurus Bumdes Parereja Belajar Bumdes di Tamansari Maju Pesat

Bogor, parereja.desabrebes.id;

Teras Tamansari hari ini, sabtu (19/1/2019) pada pukul 18.30 akan dibuka resmi, namun karena kedatangan tamu dari Desa Parereja Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes tetap disambut dengan baik sebelum acara pembukaan.

Begitu sepenggal ungkapan Direktur Bumdes Tamansari Baban Sarbana yang beralamat di Jl. Raya Muslihat, Perapatan Ciapus Deda Tamansari Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Baban menjelaskan, filosofis yang tertulis dalam Bumdes tamansari yakni Jika tidak tekun tidak akan mendapatkan hasil (mun teu ngaprek moal nyapek), Kalo tidak berpikir maka tidak akan merasakan nikmat (mun teu ngakal moal ngakeul), Kalo tidak direncanakan tidak akan ada perjuangan (mun teu ngarah moal ngarih), Jika tidak ada pengorbanan tidak akan merasa bahagia (mun teu peurih moal peurah).

Masih dikatakan baban, kalau tidak cerdas tidak akan makan, begitu semangatnya remaja muda lulusan kampus IPB Bogor. Dia menjelaskan, Bumdes Tamansari baru terbentuk tahun 2018, namun sudah melakukan program Bumdesnya biar maksimal yakni MVMA (my village my adventure), Kampung Wisata (wisata domba, kembang desa, gizi seimbang), Pasaronline (online www.tamansari.id), ORTOP (one RT one product), Teras Tamansari (sentra bisnis dan oleh-oleh tamansari), Yatimpreneur (capacity building untuk pemuda yatim piatu).

Selain mengenal program Bumdes Tamansari, Baban juga menyampaikan visi Bumdes Tamansari yakni terwujudnya BUMDES sebagai social enterprise sedangkan misinya adalah membangun kemandirian wirausaha desa, membangun kejujuran pelaku usaha desa, membangun kepedulian sosial wirausaha desa, dan berkontribusi dalam program kesejahteraan masyarakat.

Sementara ini, unit yang sudah dikelola Bumdes tamansari adalah jasa keuangan yang dikelola oleh Koperasi Cilawi (cinta telaga wisata), komoditas BPJS (komoditas unggulan desa tamansari, berupa bunga hias, pala, tamur, sepatu/sandal), wisata kurlage (wisata kuliner, religi, agro dan edukasi, dan Homestay.

Baban berharap ke depan Bumdes Tamansari disamping memiliki cyber village untuk memasarkan produk unggulan dan andalan desanya juga menjadi daya tarik bagi generasi muda di desanya untuk bisa membangun desanya melalui potensi alam dan sumber daya manusia.

Sementara itu, Sekdes Parereja Medialana mengatakan, Bumdes Parereja walaupun sudah berdiri cukup lama umurnya, namun dengan melihat potensi dan keunggulan di tamansari maka kami merasa terpacu untuk segera menata ulang Bumdes.

Semangat Bumdes tamansari ini menjadi inspirasi baginya untuk segera melakukan ATM (amati, tiru dan modifikasi), walaupun tidaklah semua dicontoh atau ditiru namun dari pola membangun jejaring dan mitra kerja dan inovasi usahanya yang bisa ditiru dan modifikasi sesuai dengan kemampuan di desanya. (BU).

Share ke :
Facebook
Google+
Twitter
Telegram
Email
WhatsApp

Iklan Layanan Masyarakat